Minggu, 26 Juni 2011

Pramuka dan Internet Modifikasi yang Menyenangkan dan Bermanfaat

Kepanduan atau pramuka adalah suatu medan gerak untuk anak atau peserta didik, oleh mereka dan dibawah pimpinan mereka sendiri, tempat kakak mereka (Pembina) memberikan kepada adik-adiknya suasana yang sehat dan menganjurkan agar mereka melakukan kegiatan-kegiatan yang sehat, positif, inisiatif, dan produktif yang akan membantu mereka dalam mengembangkan fungsi kewarganegaraan. Serta daya tarik yang kuat untuk mengenal alam di lingkungan hidup
Pembinanaan perseorangan (melalui kelompok kecil) lebih penting dari pada pembinaan massal, dalam hal perbaikan intelegensia, kekuatan jasmani dan karakter. Dalam pramuka bukan isi pelajaran yang terpenting guna melahirkan sesuatu secara benar, melainkan menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang benar. Hal ini tampak jelas dalam cara kerja regu dan pasukan penggalang. Mereka di bimbing untuk kerja sama dalam tim atau kelompok, regu atau regu kerja, kesempatan baik untuk bekerja sama mencapai suatu tujuan. Disitu tampak latihan berdemokrasi, bahkan itulah demokrasi Pancasila dalam prakteknya.
Jika kita mengacu pada uraian arti kiasan lambang pramuka. Lambang pramuka yaitu nyiur, dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan dirinya dengan keadaan sekelilingnya dimana ia berada dan dalam keadaan yang bagai manapun juga. Apalagi sekarang kita sudah memasuki era globalisasi dan reformasi.
Gerakan serta semangat reformasi yang kini tengah terus bergulir menghendaki suatu perubahan tatanan baru dengan segala perbaikan, keselarasan dengan tuntuan yang lebih transparansi. Dilandasi dengan kejujuran, kebenaran, dan keadilan. Sementara disisi lain Gerakan Pramuka adalah sebagai pelengkap pendidikan formal dan informal juga di tuntut untuk ikut memberikan kontribusi positif terhadap lahirnya generasi baru di masa datang yang mampu diwarisi pesan-pesan moral reformasi.
Gerakan Pramuka tidak terkejut dan ikut latah tanpa arah. Karena sesuai dengan tujuannya Pramuka tetap eksis sebagai Gerakan Pendidikan Yang Nasionalis tanpa terpengaruh oleh berbagai perbedaan latar belakang. Format-format, visi dan misinya telah mengacu kepada perbaikan kondisi saat ini, demi terwujudnya Indonesia Baru.
Dewasa ini ada sebuah kenyataan yang teramat pahit atau mungkin juga sebuah cobaan dan tantangan yang teramat berat, ketika semakin banyak jumlah remaja penyandang masalah sosial. Mereka terjebak kedalam perilaku yang menyimpang dan telah lutut dan menghambakan dirinya kepada tata nilai asing. Mereka adalah saudara-saudara kita, yang berpotensi untuk menimbulkan berbagai problema sosial dimasyarakat. Di samping itu secara internal terdapat pula ketidak siapan mental dan rohani pada sebagian remaja, sehingga mereka gagal untuk mempertahankan diri dari pengaruh negative yang menyesatkan.
Gerakan Pramuka ditutut untuk menciptakan pesonanya sendiri, sehingga orang-orang muda lebih tertarik untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki, melalui wadah kepramukaan dengan kegiatan yang kreatif, educatif, inovatif dan penuh tantangan yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat kita.
Maka Gerakan Pramuka sangat merindukan eksistensi para anggota dewasanya dalam pembina, mengembangkan organisasi secara sukarela, dan terus menerus. Gerakan Pramuka sangat mendambakan sebuah organisasi yang semakin mapan, semakin strategis, semakin antisipasi terhadap berbagai kendala, sehingga perjalanya mulus, lancar, dan sukses. Gerakan Pramuka sangat menginginkan tertibnya program pendidikan atau pelatihan baik bagi anak didik maupun anggota dewanya sehingga prosesnya lancar, tuntas dan berkualitas.
Tetapi, saat ini Pramuka merupakan suatu kegiatan yang kurang diminati oleh kalangan muda, khususnya para pelajar, apalagi yang tinggal di daerah perkotaan. Mereka menganggap Pramuka adalah suatu kegiatan yang membosankan. Tetapi bagi saya, Pramuka adalah tempat dimana kita bisa berekspresi menggali dan menularkan bakat kita, juga tempat dimana kita bisa berkumpul menambah teman, dan berbagi pengalaman juga ilmu.
Kalangan muda sekarang lebih memilih untuk bermain dengan internet. Mereka menganggap bahwa jika kita tidak mengetahui bagaimana cara mengoprasikan semua situs yang ada dalam internet, itu artinya kita ketinggalan zaman. Banyak juga orang berfikiran bahwa internet adalah tempat untuk berfoya-foya dan memiliki banyak sekali sisi positif. Tapi sebenarnya, internet juga memiliki banyak sisi positif. Misalnya, kita dapat mencari berbagai informasi teraktual tentang kepramukaa leawt internet, kita juga bisa mendapatkan teman baru dari internet lewat situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, indoface, yahoo massager, dan masih banyak lagi.
Sebenarnya, Pramuka dan internet memiliki fungsi yang sama, yaitu menjadi tempat berkumpul berbagai komunitas dalam berbagai bidang, mencari teman, mencari informasi, meningkatkan pengetahuan, juga merupakan tempat untuk mencari uang, serta tempat untuk promosi berbagai produk dan jasa. Jadi, sebenarnya internet bukan hanya berisi berbagai hal yang negatif melainkan juga berisi berbagai macam informasi positif yang bermanfaat bagi kita.
Sedangkan perbedaan dari Pramuka dan internet adalah, apabila kita menggunakan internet untuk berkomukikasi, walaupun kita bisa melihat orang tersebut, mendengarkan suaranya, ataupun hanya hanya bisa berkomunikasi dengan tulisan tapi kita membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus memasang berbagai perlengkapan yang dibutuhkan, serta membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena jika kita kecanduan internet kita pasti akan betah berada di depan layar computer hingga berjam-jam. Tetapi dengan Pramuka, kita bisa berkumpul bersama, berbagi pengalaman dan juga bisa bertukar sesuatu dengan cepat dan tentunya dengan biaya yang bisa dibilang murah.

Sebenarnya kegiatan Pramuka lebih menyenangkan daripada kita seharian bergelut dengan dunia maya. Dalam kegiatan Pramuka kita bisa mengasah kemampuan kita untuk ikut serta membangun masyarakat dengan berbagai keterampilan yang berguna, bersama-sama dengan teman dari berbagai daerah. Namun bukan berarti Internet tidak bermanfaat, dengan internet kita bisa membantu mengembangkan Negara Indonesia dengan meraih prestasi dalam berbagai ajang yang ada di internet, atau dengan memasang iklan tentang produk dan jasa yang menarik yang banyak diminati oleh pengunjung internet.
Jadi, internet bukanlah suatu hal yang perlu ditakuti karena sisi negatif, selagi kita para generasi muda mengetahui dan memahami betul dampak-dampak dari internet tersebut serta peran orang tua yang ikut membantu mengawasi. Dan Pramuka yang selama ini kurang diminati karena dianggap sebagai kegiatan jadul atau kuno adalah kegiatan yang menyenangkan, dan sangat bermanfaat bagi para generasi muda. Dengan Pramuka kita tumbuhkan ketaqwaan kita kepada Tuhan YME dan menumbuhkan rasa nasionalisme kita kepada bangsa Indonesia, dan dengan internet kita bisa memajukan Bangsa Indonesia agar setara dengan Negara-Negara maju lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2011
Michelia Campaka

Powered by
Free Blogger Templates